Sunday, February 10, 2013

Trial di Sekolah Alam Bekasi

Tahun ajaran ini, sebenernya kakak Shifan udah sekolah. Kakak bergabung di kelas Playgroupnya TK Islam Bamaditha Rahman. Masuknya 3x seminggu. Jaraknya dekeeet banget dari rumah. Bisa jalan kaki. Biasanya sih dianter Ayah naik motor.

Tapi tahun depan, kelas TK A, bunda insyaAllah mau mindahin kakak ke sekolah alam. Sekolah alam yang bunda taksir, sekaligus paling deket dari rumah adalah Sekolah Alam Bekasi. Kenapa bunda pilih sekolah alam buat kakak, nanti bunda ceritain di postingan tersendiri ya..

Senin-Selasa 3 minggu yang lalu, kakak Shifan sit in (trial) di Sekolah Alam Bekasi (SASi). Sekolahnya hijau, rindang dan sejuuuk banget. Dan belajarnya bukan di dalem ruang kelas biasa, tapi di saung2 gitu. Asik yaa..


Waktu sekolahnya, dari jam 8 pagi sampai dengan jam 12 siang. 1 kelas TK A ada 20 anak, 2 guru, dan 1 assistant.


pertama diajak keSASi, langsung sukaaaa... :)
Hari pertama sit in, dimulai dengan circle time. Berdoa bersama, lalu cerita bebas gitu. Di sini Shifan masih malu, belum mau gabung. Dia bilang: Bun, kok kakak ga pake seragam kayak temen-temen sih? Berasa beda rupanya :)

Tapi ngga lama kok. Begitu bu guru bilang mau ke kandang kambing, Shifan langsung tertarik dooong. Ilang deh gaya malu2nya, dan langsung semangat bergabung bersama teman2 kelas TK A Gunung Semeru :D.

  waktu ambil form, kebagian form terakhir dari kuota tahun ini x) 

Seneng lihat dan kasih makan kambing, masih ada kegembiraan lain, main bersama di hamparan rumput yang hijau. Ini seru banget deh. Shifan bareng bu guru dan teman2nya main si tikus dan si kucing. 1 orang anak jadi tikus, 1 orang lagi jadi kucing, dan sisanya bergandengan membentuk lingkaran, dan melindungi si tikus dari kejaran kucing.

Setelah itu main lompat jauh, yang gandulan pake tali itu loh (apa sih namanya ya?). Ngeliatnya aja udah ngos2an gw :D. Puas main, laper dong.  Yess, it's snack time sambil break, boleh main bebas.

Nah, di waktu2 istirahat itu, satu per satu anak direview hapalan surat pendek oleh bu guru, sementara yg lain dibiarkan bermain. Ibu guru me-review hapalan dengan cara yang terlihat nyaman. Sistemnya, baca surat2 pendek bareng (berdua) si anak, kyk orang ngobrol gitu. Ada juga yg sambil dipangku loh..

After the break, murid dari 2 kelas TK A yang ada si SASi, bergabung untuk sama2 membuat telur asin. Iiih, seruuu ya. Dan karena cuaca cerah, bikin telur asinnya pun di luar ruang kelas.

Jam 11.30, waktunya makan siang. Makan siang boleh bawa sendiri, atau bisa juga ikut catering di sekolah. Masakan cateringnya masih fresh, alias baru mateng, dimasak di dapur deket ruangan guru. Bunda sempet ngintip, dan dapurnya bersih.

Having so much fun, and act like a real SASi student :D

Sehabis makan, tiap anak keluar kelas untuk sikat gigi. Dan karena ini udah masuk semester dua tahun ajaran, kayaknya anak2nya udah terbiasa gitu. Dari kelasnya mereka jalan sendiri2 atau berdua ke wastafel, bawa gelas, odol dan sikat gigi masing2. Kelihatan mandiri banget. Suka..

After lunch, masuk circle time lagi. Bunda denger bu guru kasih pesen ke anak2 untuk tidur siang sepulang sekolah ini, supaya cepet besar dan tinggi :).

Setelah berdoa sama2, Shifan dan teman2 pulang sambil main kereta2an menuju gerbang. Shifan keliatan sumringah :)

Liat jam, wah sudah setengah 1 siang. Over setengah jam dari jadwal pulang sekolah. Wih, anak usia 4-5 tahun, sekolah sampai sesiang itu, dan full berkegiatan sampe jam pulang sekolah, apa ngga capek??

Jelas capek lah. Buktinya di perjalanan pulang Shifan ketiduran di mobil. Tapi begitu bunda tanya, apa Shifan seneng di sekolah alam hari ini? Shifan dengan mantab menjawab: seneng, Bun. :)

Besok paginya pun dengan penuh semangat dia bangun pagi, ngabisin sarapannya dengan riang (padahal biasanya paling susah sarapan :)), dan ngga sabar mau berangkat (sit in hari ke-2) ke sekolah alam lagi..

Wihiiiy, semoga selalu penuh semangat dan seneng belajar di sekolah ya nak.. :*

13 comments:

  1. Hai, anakku di TK A Semeru loh....hehe *salam kenal*

    ReplyDelete
  2. aslmkm. Bunda shifan, slm kenal yah,, aduuh baca crita nya kok kyanya asyik bgt ya,, jd pengen deh msukin anak ku habibie (abib) ke SAsi.. Boleh tau ga bun pendaftran, uang pangkal dan uang bulanan nya brp??

    ReplyDelete
  3. bunda, kalo boleh tau biaya nya berapa kalo sekolah di SASi?makasih :)

    ReplyDelete
  4. @irma:

    hallo bundanya Kakak Al.. Salam kenal kembali ya. Waktu itu Shifan trial di kelas kakak Al lho. Sempet diajak main juga sama Al :)

    @amellia fadlin & Saras Tuti:

    Wa'alaikumsalam. Hai bunda2 salam kenal juga.. Maaf baru sempet jawab ya.

    Total biaya masuk TK SASi tahun ajaran 2013/2014 ini besarnya 7.200.000,-
    Sudah termasuk uang pangkal, biaya tahunan sekolah, uang seragam.
    Uang bulanan 400 ribu

    Sebelumnya ambil form pendaftaran dulu ya bunda. Kemarin saya ambil form di bulan Januari 2013, dan dapet form terakhir :p.Tahun ini harganya 400 ribu. Setelah itu trial (sit in) deh :)

    Proses sit in ini bukan test, dan tidak menentukan diterima atau tidaknya calon siswa ya bun. Menurut pihak sekolah sih hanya untuk mengenal karakter anak, dan melihat apakah si anak berkebutuhan khusus atau tidak, karna untuk abk tentu persiapannya juga khusus.

    SASi sekolah inklusi bun. Tapi khusus tingkat SD. Yang TK blm ada kelas inklusinya.

    Semoga membantu ya bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum.. Maaf nimbrung.. saya lagi cari-cari SD Alam, liat di internet dapat lah SASi ini.. tapi website-nya belum bisa kebuka sama saya. Apakah bisa kasih tau saya, biaya masuk di SD SASi ini berapa? dan kapan mulai pendaftaran? Untuk tes masuk syaratnya apa aja? Sebelumnya terima kasih atas informasinya..

      Wassalam,
      Maminya Nadeem :)

      Delete
    2. Assalamualaikum.. Maaf nimbrung.. saya lagi cari-cari SD Alam, liat di internet dapat lah SASi ini.. tapi website-nya belum bisa kebuka sama saya. Apakah bisa kasih tau saya, biaya masuk di SD SASi ini berapa? dan kapan mulai pendaftaran? Untuk tes masuk syaratnya apa aja? Sebelumnya terima kasih atas informasinya..

      Wassalam,
      Maminya Nadeem :)

      Delete
  5. Sekolah inklusi itu maksudnya apa ya bun?
    Saya kepingin ngedaftarin anak saya ke SASi, SD....ada info gak belajarnya sampai jam brp?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Sekolah inklusi itu maksudnya apa ya bun?
    Saya kepingin ngedaftarin anak saya ke SASi, SD....ada info gak belajarnya sampai jam brp?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Maaf nimbrung.. Kalo boleh bagi infonya dong soal SD SASi ini, saya coba buka website-nya belum bisa. Kira-kira berapa biaya masuk SD ini? Kapan mulai penereimaan murid baru? Syaratnya apa saja untuk bisa sekolah di SASi? Makasih sebelumnya..

    Maminya Nadeem :)

    ReplyDelete
  8. @Syabil Rhavi: sekolah inklusi itu sekolah yang juga menerima siswa spesial yg punya kebutuhan khusus, Bun. Biasanya 1 atau 2 anak di tiap kelasnya, dan ada shadow teacher yg khusus mendampingi mereka ^_^. SD SAsi biasanya sampai jam 2, dan dihari2 tertentu ada pilihan ekskul selepas jam sekolah.

    @Maminya Nadeem: hallo Mam, maaf very late reply. Kalau tahun kemarin total sekitar 14jtan kalo ngga salah untuk SDnya. Mungkin skrg udah bisa dicheck di websitenya ya Mam. Syaratnya cm ambil form dan ikut sit ini (observasi). Mudah2an segera dapet sekolah yg cocok ya ^_^

    ReplyDelete
  9. nice info. Buat tahun depan nih, referensi cari-cari sekolah

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum Mbak Diah, salam kenal. Saya Rini. Kalau kemarin Kakak Shifan sekolah di TK Islam Bamaditha Rahman, berarti dekat dengan Pasar Gardu ya? Saya tinggal di dekat situ juga dan saat ini sedang mempertimbangkan SD Alam Bekasi untuk putri saya. Kalau Kakak Shifan jadi sekolah di SASI, bolehkah dishare pengalamannya terkait transportasi pulang pergi sekolahnya setiap hari? Soal antar jemput sekolah termasuk salah satu yang menjadi concern saya. Terima kasih sebelumnya, Mbak.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Mba Rini. Betul mba, Bamadita Rahman yg dekat Pasar Gardu :). Kita satu wilayah rupanya..

      Mengenai transportasi di Sekolah Alam Bekasi (SAsi), ada beberapa mobil jemputan sekolah yang melayani beberapa rute, untuk siswa2 SAsi, Mba. Shifan sendiri selama 2 tahun (jadi murid TK) di SAsi, menjadi pelanggan setia mobil jemputan sekolah.

      Untuk biaya dan rute yg tersedia di tahun depan, sila kontak langsung ke SAsi ya Mba. Mereka sangat welcome kepada calon orang tua siswa yang butuh informasi terkait sekolah.

      Semoga putri tercinta segera mendapatkan sekolah yang cocok ya Mba.. :)

      Delete